Jumat, 29 Juni 2018

Protein

Kalau kemarin saya bahas mengenai persentase kebutuhan energi dalam diet individu, semoga teman-teman nggak salah menafsirkan infographic yang satu ini. Persentase dalam foto ini per porsi dalam satu piring sekali makan ya.

Kali ini,kita akan bahas soal protein. Protein merupakan salah satu unsur penting dalam diet manusia walaupun persentasenya dalam diet hanya sedikit. Tapi jangan remehkan perannya dalam kesehatan lho. Diantara fungsi protein adalah :
1. Membentuk struktur tubuh
2. Bertindak sebagai pembawa dalam darah dan cairan tubuh
3. Hormon dan peptida merupakan protein atau rantai asam amino
4. Semua enzim adalah protein
5. Antibodi adalah molekul protein yang terlibat dalam respons fase akut terhadap inflamasi
6. Albumin protein berfungsi sebagai buffer dalam mempertahankan pH darah

Wuiiiih...penting banget ya perannya protein dalam tubuh kita? Kecil kecil cabe rawit nih...

Barang bagus kayak gitu nyarinya dimana nci'?

Protein banyak terdapat di daging hewan (ayam/sapi/kambing),ikan,telur,susu dan produk turunannya, juga dari tumbuhan. Namun ada perbedaan nilai biologis yang dihasilkan oleh protein hewani dan nabati.

Kekurangan protein bisa menyebabkan penyusutan otot, stunting (tumbuh kerdil), luka susah sembuh, edema/bengkak akibat kelebihan cairan, perlemakan hati dan mudah terkena infeksi.

Protein tersusun dari asam amino, namun hanya beberapa jenis asam amino yang terdapat dalam tubuh manusia. Sisanya hanya bisa didapatkan melalui diet. Jadi, yuk konsumsi gizi seimbang dan variasikan bahan makanan kita supaya bisa mendapatkan aneka ragam asam amino untuk memenuhi kebutuhan protein kita.

Salam sehat,
Your dietisien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar